Detail Alamat

Ini Dia Alamat Alternatif Raport Online

Data Nama dan Alamat Ini Dia Alamat Alternatif Raport Online

Bagi para insan pendidikan terutama mereka yang bertugas mengajar di sekolah-sekolah, mengisi raport merupakan hal yang lazim dan rutin dilakukan di saat akhir sebuah periode pembelajaran yang kadang dalam bentuk semester (6 bulan) atau catur wulan (4 bulan).

Ada alat bantu yang bisa digunakan bagi para pendidik untuk mengisi raport secara online, namun kadang alamat tools online ini sering berubah-ubah, Berikut ini kami sarikan dari berbagai sumber mengenai alamat alternatif raport online yang bisa digunakan oleh para pendidik.

Untuk Anda yang berada di lingkungan dispendik Kota Surabaya, Anda dapat mencari informasinya di laman website rapor.dispendik.surabaya.go.id dengan melakukan login menggunakan username raport online yang sesuai dengan profil sekolah.

Lalu bagaimana bila tidak memiliki username rapor Online?

Anda disarankan untuk meminta username ini ke Admin di Dinas pendidikan dengan menyertakan informasi terkait sekolah Anda. atau Jika memang Anda sudah punya login tapi tidak bisa login, silakan kontak ke admin di profil sekolah Anda.Informasi lainnya yang bisa Anda peroleh adalah dari https://dispendik.surabaya.go.id/pengumuman/2019/alamat -alternatif -rapor-online -2/

UNTUK USERNAME YANG DIPAKAI, DAPAT DILIHAT PADA PROFIL PTK KOLOM USERNAME RAPOR online DI WEBSITE PROFIL SEKOLAH.

  • Bagi PTK silahkan LOGIN menggunakan USERNAME RAPORonline di Profil Sekolah.
  • Bagi yang Tidak Memiliki USERNAME RAPORonline :.
    • Untuk Kepala Sekolah, Harap Meminta Username Ke Admin Dinas.

Harap segera mengubah setelah bisa login. Apabila Anda tidak dapat login, silahkan hubungi administrator data profil sekolah anak Anda.

Sistem Transfer Nilai Rapor

Kendala yang selama ini dirasakan oleh para guru dalam memasukkan nilai kedalam sistem raporonline terjawab sudah. Dinas Pendidikan Kota (Dispendik) Surabaya telah meluncurkan layanan pengisian raporsemi online.

Layanan tersebut bernama Sistem Transfer Nilai Rapor. Kepala Bidang Ketenagaan Ir. Yusuf Masruh, MM menerangkan layanan pengisian raporsemi online ini bertujuan untuk membantu guru dalam melakukan penginputan data nilai siswa kedalam raporonline .

“Prinsipnya sebelum data nilai siswa diunggah kedalam sistem rapor online, para guru dapat mengisikannya melalui program excel, setelah selesai baru guru tersebut dapat mengunggahnya”.

Yusuf menambahkan layanan ini dapat diakses guru melalui http://rapor.solusiku.net

Dalam layanan ini pengisian nilai rapor terbagi menjadi tiga langkah mudah, yakni setelah guru dapat mengakses situs tersebut, maka dapat mengunduh file template nilai dalam bentuk excel, kemudian mengisi data nilai siswa di template nilai secara offline, barulah setelah nilai terisi kemudian di unggah.

“Layanan ini bertujuan membantu para guru dalam mempermudah pengisian raporonline “,tutur Yusuf ketika melaksanan uji coba sistem ini, sore hari (12/11). Budi Hartono Kepala SMPN 3, menuturkan melalui sistem guru kami dapat dengan mudah dan lancar ketika memasukkan nilai. Jadi sistem ini sangat bermanfaat bagi para guru Surabaya, untuk itu segera kunjungi situs tersebut.

Sementara itu, Kepala Dispendik Surabaya Dr. Ikhsan, S. Psi, MM menjelaskan layanan ini dapat diakses oleh para guru mulai pukul 00.00 (12/12). Dengan demikian Sistem Transfer Nilai Rapordapat dimanfaat para guru ketika akan memasukkan nilai rapor,sehingga pada saat penerimaan rapornanti, tidak ada kendala.

Permasalahan Pada Rapor Online

Permasalahan raporonline setiap mendekati akhir semester selalu sama dari tahun ke tahun, yaitu sulitnya akses data ke website Dindik Kota Surabaya. Operator SMAN 8 Surabaya, Yoyok Suwardianto berharap adanya server di setiap wilayah sekolah, bukan terpusat di Dindik Surabaya saja. Karena pengguna server ini bukan hanya SMA negeri dan swasta, tetapi sudah mencakup SMP bahkan di tingkat SD.

Hal ini karena meskipun aksesnya tidak selambat tahun lalu, tetapi permasalahan dalam penggunaan website saat mendekati pencetakan rapor selalu ada. “Kalau jaringan sudah sesuai kebutuhan, bahkan ada teman yang pakai jaringan 4G. Kalau buka website lain cepat sekali, giliran buka website raporonline baru susah,” jelas pria yang juga merupakan staf TU ini.

“Banyak guru yang mengeluh belum bisa tidur untuk mengisi raporkarena masalah online. Lancarnya sebentar, lemotnya lama,” ujarnya. Permasalahan baru yang ditemui Yoyok pada laman website kadang tidak terbuka lengkap atau tidak sesuai dengan log in yang dilakukan.

Missal saat membuka website tidak semua menu tampil, bahkan ada yang hanya menampilkan Ki4 3 untuk UAS dan UTS saja, sisanya tidak ada.

“Saya bingung jawabnya kalau ada masalah baru seperti ini, karena semua guru juga bingung dan tanyanya ke saya. Tetapi website untungnya bisa normal ketika di logout dan dibuka ulang,” tuturnya.

Lamanya akses pembukaan website ini menjadi beban tersendiri bagi guru. Apalagi untuk nilai UAS saja, satu guru minimal harus memasukkan nilai 5 kelas atau 200 siswa, bahkan ada yang mencapai 600 siswa tiap guru.

Ratusan guru SD se-Surabaya memenuhi lantai 2 kantor Dinas Pendidikan (Dispendik) Surabaya kemarin (15/6). Mereka mengakses situs internet melalui laptop masing-masing. Puluhan guru tersebut berusaha memasukkan data nilai siswa pada raporonline .

Mereka menyatakan, server raporonline lambat dan sering ngadat sejak seminggu terakhir. Tak mau pusing, guru-guru itu pun langsung datang ke kantor Dispendik Surabaya. Mereka berharap situs raporonline lebih mudah diakses di dekat server.

Terlihat beberapa rombongan guru dari beberapa SD di lantai 2. Salah satunya guru SDN Peneleh I Wahyu Widya. Dia mengaku sudah mendatangi kantor dispendik pada Jumat (14/6). ’’Kemarin (Jumat, Red) dari jam 13.00 sampai jam 21.00. Ini mau menyelesaikan sisanya,’’ ungkapnya.

Dia bersama ratusan guru lain memenuhi lantai 2 gedung tersebut. Mereka sebenarnya sudah disediakan tempat di Ruang Kartini di lantai yang sama. Namun, kapasitas ruangan itu tidak mencukupi. Dia dan beberapa rekan pun memilih duduk dan lesehan di lantai tersebut.

Salah seorang guru SDN Ujung IX Surabaya yang enggan namanya disebutkan menyatakan, dirinya mencoba mengakses raporonline sejak tiga hari yang lalu. Namun, waktu tunggunya sangat lama. Dia pun diberi informasi para guru lain bahwa sebaiknya langsung ke dispendik untuk mengakses server.

’’Ini dari pagi tadi. Terus, mau balik pulang sekarang. Coba lagi di rumah saja,’’ ujarnya.

Kepala Dispendik Surabaya Iksan menjelaskan, server rapor online lambat karena banyak pengguna yang mengakses. ’’Semua mengakses saat pas mendekati akhir semester. Jadinya agak lambat,’’ paparnya.

Menurut dia, pengisian raporonline bisa dicicil dari awal semester. Guru-guru bisa memasukkan nilai sejak nilai siswa pertama kali keluar. Tujuannya, orang tua bisa mengawasi nilai anak.

’’Problemnya, nilai tidak langsung dimasukkan. Menunggu akhir semester,’’ tuturnya.

Pengisian raporonline terakhir pada Sabtu (22/6). Banyaknya guru yang memenuhi lantai 2 membuat dispendik lekas memindahkan mereka ke ruangan yang lebih layak. Beberapa ruangan di gedung itu pun dibuka untuk para guru mengisi rapor secara online.

Kesimpulan

Dari hasil pengamatan kami, situs yang secara aktif menangani raport online yaitu http://rapor.solusiku.net sudah tidak aktif lagi. bahkan website utamanya sudah tidak berganti menjadi sebuah website portal. Saya melihat situs raporku.net merupakan situs baru yang bisa diakses dan sebagai alternatif pengisian raport secara online.

 

Read Also: Ini Dia Alamat Alternatif Raport Online

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Site Navigation: Index 01 02 03 04 05 06 07 08 09 10 11 12 13 14 15